7 Panduan Membeli Semen untuk Rumah Kuat!

7 Panduan Membeli Semen untuk Rumah Kuat!

Sebuah bangunan yang kuat ditentukan banyak hal, terutama bahan bangunan yang digunakan. Salah satu bahan bangunan yang menentukan adalah semen.

Anda yang akrab dengan bahan bangunan pasti tahu kalau di pasaran ada berbagai macam tipe semen dan merek semen. Ya, semen itu tidak cuma satu macam. Bahkan untuk harga, Anda mungkin bisa menemukan perbedaan bandrol di beberapa toko matrial.

Menurut Materialtree, Anda sangat disarankan untuk mengecek harga semen di tiga atau empat toko berbeda untuk memastikan harga terbaik. Maklum, volume yang Anda beli untuk membangun rumah tentu sangat besar.

Sebelum belanja bahan-bahan bangunan,  baiknya Anda tahu soal tipe semen yang ada di pasaran dan yang Anda butuhkan, juga merek semen yang sesuai budget dan berkualitas baik, serta harga semen. Berikut panduannya:

1. Tipe Semen Abu-abu yang Ekonomis

Disebut juga semen Portland atau PCC (portland cement composite) adalah jenis semen yang paling umum digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari beton hingga plester. Semen ini umumnya berasal dari batu kapur atau gamping yang diproduksi dengan cara dipanaskan dalam tanur. Dalam proses pembuatan biasanya ditambahkan juga bahan lain. Ada beberapa jenis semen Portland di pasaran, yang paling murah dan umum adalah portland abu-abu biasa.

Untuk menggunakannya, semen portland masih harus dicampur bahan lain seperti pasir dengan komposisi tertentu, lalu diaduk sedemikian rupa hingga menghasilkan adukan yang tepat.

2. Tipe Semen Putih yang Estetis

Warna putih pada semen putih bisa terjadi karena semen ini dihasilkan dari bahan-bahan yang memiliki kandungan besi dan magnesium oksida rendah. Kedua bahan yang disebut itulah yang menyebabkan semen berwarna abu-abu.

Semen putih tidak lazim digunakan untuk membuat beton atau fondasi. Semen putih yang memiliki harga lebih tinggi dari semen abu-abu, biasanya digunakan untuk keperluan yang sifatnya dekoratif misal, pemasangan keramik dan nat ubin. Komposisi bahan seperti pasir yang digunakan untuk campuran semen putih tentu berbeda dengan campuran untuk semen abu-abu. Produsen semen putih tak sebanyak produsen semen abu-abu, sehingga merek yang bisa Anda pilih pun terbatas.

3. Tipe Semen Mortar yang Praktis

Semen mortar biasa juga disebut semen instan atau mortar instan. Ini karena dalam satu karung semen mortar sudah terdiri dari bahan bangunan semen, pasir, filler, dan zat tambahan khusus untuk membuatnya lebih cepat kering.

Itu sebabnya semen mortar yang siap pakai ini terasa lebih praktis. Untuk menggunakannya tidak perlu lagi ditambahkan bahan material lain. Semen mortar tinggl diaduk bersama air mendapatkan kekentalan yang diinginkan dan langsung diaplikasikan. Ia ibarat racikan tepung bumbu atau tepung pancake siap pakai.

Semen mortar ini disukai karena lebih praktis dan efisien, juga mengurangi kemungkinan kualitas yang gagal karena komposisi bahan campuran yang tidak tepat. Memang, jika kualitas dan jumlah pasir serta proses pengadukan yang dilakukan kontraktor kurang pas, bukan hanya mengurangi nilai estetis, seperti plesteran yang terlihat kasar, tapi juga memengaruhi kualitas. Misalnya, jadi lebih mudah retak dan dirembesi air hujan sehingga mudah berjamur. Dengan menggunakan semen mortar, Anda tak perlu ragu lagi pada kualitasnya.

Di pasaran, ada beberapa jenis – jenis semen mortar yang masing-masing memiliki komposisi berbeda-beda dan dibuat untuk keperluan yang berbeda pula. Misalnya, semen mortar untuk perekat pasangan bata ringan, semen mortar untuk plesteran dinding, semen mortar untuk acian plesteran, semen mortar untuk pemasangan keramik, dan lain sebagainya.

4. Merek dan Harga Semen

Indonesia adalah salah satu penghasil semen yang besar, ada beberapa merek semen buatan dalam negeri yang bisa dikatakan memiliki kualitas terbaik. Secara garis besar, Semen Tiga Roda, Gresik, dan Holcim, merupakan merek teratas dengan harga jual premium. Berikut harga semen untuk Juni 2020 di pasaran.

NAMA MATERIALHARGA
SEMEN TIGA RODA 50 KgRp. 53.350
SEMEN CONCH 50 KgRp. 49.500
SEMEN GRESIK 50 KgRp. 51.700
SEMEN HOLCIM 50 KgRp. 52.500
SEMEN SCG 50 KgRp. 52.800
SEMEN TONASA 50 KgRp. 55.000
SEMEN BOSOWA 50 KgRp. 58.000
SEMEN PADANG 50 KgRp. 60.000
SEMEN MERAH PUTIH 50 KgRp. 52.700
SEMEN TIGA RODA 40 KgRp. 42.300
SEMEN CONCH 40 KgRp. 40.500
SEMEN GRESIK 40 KgRp. 41.800
SEMEN HOLCIM 40 KgRp. 42.500
SEMEN SCG 40 KgRp. 43.500
SEMEN TONASA 40 KgRp. 45.000
SEMEN BOSOWA 40 KgRp. 48.000
SEMEN PADANG 40 KgRp. 50.000
SEMEN MERAH PUTIH 40 KgRp. 42.700
SEMEN MERAH (SEMEN BATA MERAH)Rp. 500.000/m3
SEMEN DYNAMIX 40 KgRp. 44.500
SEMEN ANDALASL 40 KgRp. 50.000

Belakangan kehadiran semen dari luar negeri seperti merek Conch dari Cina dan Hippo dari Thailand ikut meramaikan persaingan antar produsen semen. Pada akhirnya juga memengaruhi harga semen di pasaran. Harga semen dalam negeri disebut-sebut turun sejak kedatangan pesaing dari luar.

5. Perhatikan kualitas semen

Untuk menguji kualitas dan kekuatan semen biasanya dilakukan uji kuat tekan dan dilihat lamanya waktu kering. Makin tinggi kuat tekan, makin kokoh bangunan yang menggunakan semen itu. Semakin cepat kering semen tidak berarti semakin baik kualitasnya. Ini lebih pada kebutuhan kontraktor. Namun ada sebagian yang berpendapat, semen yang terlalu cepat kering biasanya rawan retak.

6. Komposisi dan adukan yang tepat

Perlu diingat semahal apapun dan merek apapun yang Anda gunakan, selalu perhatikan peruntukan semennya. Juga perhitungkan masak-masak komposisi campuran pasir dan air yang tepat serta proses pengadukannya. Jika kurang tepat, hasilnya pun jadi kurang kuat.

7. Mengukur kebutuhan

Agar tak bolak balik memesan semen dan melebihi bujet, hitung kebutuhan semen secara hati-hati. Diskusikan dengan kontraktor yang akan membangun rumah Anda. Bisa sekali terjadi tipe semen yang digunakan untuk sebuah proyek bangunan ada beberapa macam.

Untuk itu diperlukan perhitungkan, berapa banyak semen abu-abu yang diperlukan untuk membuat beton dan flooring, berapa banyak semen putih yangdiperlukan untuk pemasangan ubin, berapa banyak semen mortar yang diperlukan untuk acian plester, dan lain sebagainya.

Semoga tips di atas membuka wawasan Anda tentang seluk beluk semen dan mengurangi kebingungan saat berdiskusi dengan kontraktor.

Demikian artikel tentang “7 Panduan Membeli Semen untuk Rumah Kuat!” semoga bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami whatsapp